Beginilah cara supaya blog kita cepat loading (tidak lambat)

Pada artikel ini kami akan membahas tentang cara mempercepat loading blog. Bagian awal kami akan menjelaskan alasan-alasan halaman web harus cepat diakses;
Di bagian selanjutnya kami akan membahas cara cek kecepatan memuat blog.
Ada berbagai macam cara yang dapat digunakan untuk mempercepat loading blog, yaitu menggunakan skrip, plugin, dan menggunakan template yang tepat. Meskipun ada berbagai cara yang dapat dilakukan. Meski harus berhati-hati, malah malah menyerupakan memperlambatnya.
Maka dari itu, berikut ini kami akan membahas secara lengkap apa saja yang dapat dilakukan untuk mempercepat loading blog sesuai dengan situs web yang sedang Anda kelola.

Kenapa Harus Cepat?

Saat memposisikan sebagai pengguna internet tidak sabar untuk situs web yang sangat lama sekali proses untuk membukanya. Hal ini masuk membuat pengunjung situs web sebelum sebelum sepenuhnya sepenuhnya. Tentu saja hal ini menjadi jawaban yang sangat baik bagi pemilik situs web.
Tidak hanya itu, ada beberapa alasan yang penting untuk memiliki situs web yang cepat. Berikut ini adalah beberapa alasan yang dapat Anda pilih untuk membuat situs web yang cepat.
  • Faktor Search Engine Optimization (SEO)

Google.com merupakan situs web yang paling populer dan banyak yang dibuka di seluruh dunia. Semua pencarian situs web banyak dilakukan melalui Google. Jawaban saja hasil pencarian yang dilakukan di halaman pertama.
Faktor yang mempengaruhi situs web di bagian atas pencarian adalah kualitas SEO yang dimiliki. Semakin baik SEO, semakin baik pula peringkatnya di situs pencarian.
Salah satu yang mempengaruhi kualitas SEO adalah kecepatan situs web. Situs web lebih cepat dapat diakses, semakin cepat semakin baik Google menuju situs tersebut. Namun, tentu saja tidak hanya kecepatan situs web saja. Melainkan juga konten, struktur situs web, dan lain sebagainya.
Faktor-faktor yang sangat mempengaruhi SEO pada situs web, dan juga faktor-faktor lain seperti backlink , konten, dan lain sebagainya.
Akan tetapi, salah satu keinginan Google adalah menyediakan hasil pencarian dengan kualitas situs web yang baik dan kecepatan adalah salah satu komponen yang menentukan.
  • Faktor Kenyamanan Pengunjung

Pengunjung akan tetap mengunjungi halaman web situs jika sudah dapat dibuka dalam waktu kurang dari 2 detik. Tentu saja hal ini akan merugikan pemilik situs web yang memiliki pengunjung, tetapi tidak dapat membuka halaman situs web miliknya.
Beberapa indikasi situs web tergolong lambat kinerja yang kurang baik antara lain sebagai berikut.
  1. Tingkat bouncing yang tinggi. Tingkat bouncing adalah jumlah pengunjung yang membuang web / blog Anda setelah hanya satu halaman saja. Biasanya nilainya sangat besar.
  2. Waktu yang dihabiskan oleh pengunjung situs web yang tidak lama. Tidak sampai hitungan menit, mungkin bisa jadi dalam hitungan detik saja.
  3. Jika situs web populer lambat, maka butuh besar pengujung tidak ingin kembali lagi ke situs web yang sama.
Tentu saja beberapa hal yang sudah memberikan hasil yang baik untuk situs web. Jika tidak segera diperbaiki, maka situs web bisa jadi tenggelam dan tidak ada pengunjungnya.
Jangan Biarkan trafik situs web Anda mengalami penurunan ke lama. Simak beberapa langkah di bawah ini untuk memastikan situs web Anda dapat berjalan dengan baik dan tips cara mempercepat loading blog.

Cara Pengecekan kecepatan Loading Blog

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan pengecekan blog dengan menggunakan beberapa alat yang tersedia di internet. Saat ini sudah banyak situs web yang menyediakan pengecekan situs web dan memberikan informasi cara mempercepat loading blog di situs web.
Kecepatan memuat blog Anda dapat dites dengan menggunakan berbagai alat gratis, seperti GTmetrix Alat Uji Kecepatan Situs Web oleh Pingdom , yang Muat Lebih Cepat Wawasan PageSpeed ​​Google , dan YSlow .
Cek dulu situs web Anda dan lakukan berbagai cara yang diberikan untuk mempercepat loading blog yang Anda punya.

Pengecekan Menggunakan GTmetrix

GTMetrix merupakan alat sederhana yang bisa Anda gunakan kapan saja. Kami menyarankan Anda untuk menggunakan alat ini. Meskipun terbilang sederhana, GTMetrix memiliki berbagai macam parameter untuk meningkatkan kecepatan website Anda.

Cara Mempercepat Memuat Blog

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat loading blog. Kami memisahkannya antara WordPress dan Blogspot dengan Self Hosting. WordPress dan Blogspot adalahpenyedia layanan untuk membuat blog gratis, tentu saja metode yang digunakan untuk mempercepat loading blog yang berbeda. Banyak batasan-batasan yang diterapkan. Hal ini membuat pengguna tidak bisa leluasa untuk mengelola dan menerapkan beberapa pengaturan yang diinginkan.
Sedangkan saat menggunakan self-hosting dapat melakukan beberapa konfigurasi sampai ke dalam file di penyimpanannya, mengubah skrip, dan lain sebagainya. Cara mempercepat memuat blog pun lebih bervariasi.
  • WordPress dan Blogspot

1. Kurangi menggunakan gambar di halaman rumah

Homepage merupakan halaman yang penting di dalam situs web. Halaman ini akan dibuka pertama kali saat situ web di akses. Jadi Anda sudah terbuka saat halaman ini. Memaksimalkan bukan berarti menambahkan semua konten dengan gambar yang banyak. Cukup gunakan gambar secukupnya agar tidak terlalu membebani saat diakses.

2. Memperkecil gambar sebelum di unggah

Selain mengurangi penggunaan gambar yang kurang berguna. Jangan lupa untuk mengunggah gambar dengan ukuran yang kecil. Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi untuk mengecilkan ukuran foto dengan kualitas yang sama. Cara ini juga dapat diterapkan saat mengunggah konten.

3. Kurangi pemasangan tautan aktif di footer

Pada halaman footer Biasanya banyak pemilik blog yang menambahkan beberapa link aktif yang pada periode waktu tertentu melakukan penyegaran. Cara penggunaan koneksi ini dapat mempengaruhi situs web.

4. Hapus widget yang tidak penting

Penggunaan widget memang harus diperhatikan dengan baik-baik. Kelebihan widget sangat tidak baik untuk kinerja situs web. Jadi isi widget yang terinstall tidak terlalu banyak dan memang benar-benar dibutuhkan. Jika bisa, gunakan widget dengan beban yang ringan.
  • Self Hosting

1. Bersihkan Cache

Cache merupakan salah satu bagian dari situs web yang datanya disimpan di dalam Random Access Memory (RAM). Data yang ada di dalam RAM tentu saja lebih sulit di dalam hardisk . Karena banyak data yang tersimpan di dalam RAM, maka kapasitas data yang dapat didorong RAM semakin kecil. Hal ini dapat mengurangi kecepatan blog bahkan dapat menambah beban ( overload ).
Untuk mengatasi hal ini beberapa situs web menggunakan plugin yang digunakan untuk mengelola cache di situsnya. Salah satu plugin yang banyak adalah W3 Total Cache yang gratis. Bahkan Anda juga dapat menggunakan versi berbayar untuk mendapatkan fasilitas yang lebih tangguh.

2. Menggunakan Virtual Memory Usage Yang Besar

Memilih penyedia layanan hosting Anda. Pastikan bahwa memori yang tersedia cukup besar agar dapat diproses yang terjadi di situ web Anda dengan baik.

3. Gunakan Hosting Berkualitas

Salah satu hal yang penting adalah penggunaan hosting yang berkualitas. Anda dapat mencoba beberapa layanan hosting yang saat ini ada banyak ditawarkan di internet. Atau menggunakan lain yaitu menggunakan Virtual Private Server (VPS) yang mana penggunaan memori virtual yang besar tidak dapat digunakan dengan server lain yang sama.

4. Memperkecil Skrip CSS

Anda dapat menggunakan beberapa alat yang disediakan secara online untuk mempersingkat ukuran CSS, berikut daftar skrip yang tersedia untuk memotong ukuran CSS. Salah satu alat yang dapat Anda gunakan adalah menggunakan compressor css.

Menggunakan CDN (Jaringan Pengiriman Konten)

Terakhir adalah dengan menggunakan Content Delivery Network (CDN) .
CDN adalah sebuah teknologi terbaru sebagai bentuk mirroring konten situs web. Dengan menggunakan CDN maka konten web kita seperti CSS, Image, Video, Custom Scripts akan di mirror di server yang tersedia di berbagai negara.
kami sering menggunakan CloudFlare untuk beberapa situs web yang kami kelola. Meskipun begitu segala pilihan ada di tangan Anda sendiri. Karena gratis Anda juga dapat membantu Anda untuk menyesuaikan CDN yang terbaik menurut kebutuhan.
Cara-cara yang canggih di atas hanya beberapa cara mempercepat loading website. Selebihnya ada cara-cara lain yang bisa Anda coba terapkan di halaman situs web yang Anda miliki. Berikut ini adalah beberapa cara mempercepat loading blog baik ada WordPress, Blogspot, maupun menggunakan hosting sendiri.

Tes Ketepatan Loading Blog

Setelah melakukan beberapa konfigurasi untuk mempercepat loading blog, lakukan lagi dengan melakukan pengecekan kecepatan loading blog menggunakan GTmetrix. Jika masih mencari nilai yang ada Anda dapat melakukan beberapa hal yang memerintahkan.

KESIMPULAN

Cara mempercepat loading blog bisa dilakukan dengan berbagai macam metode. Anda perlu memastikan bahwa masalah yang terjadi pada situs web yang muncul. Pada artikel ini sudah dilakukan cara untuk melakukan pengecekan kecepatan situs web yaitu GTmetrix. Anda juga dapat menggunakan beberapa alat yang tersedia di internet.
Setelah membaca artikel ini Anda berharap sudah memiliki situs web yang ringan. Langkah berikutnya adalah mengelola konten dan SEO agar situs web Anda menjadi lebih terkenal dan memiliki banyak pengunjung.

0 Response to "Beginilah cara supaya blog kita cepat loading (tidak lambat)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel